Thursday, May 14, 2015

SNMPTN 2015

                         

Hi, we meet again. Tepat hari ini dan tanggal ini pula pengumuman UN 2015. Iam glad, but iam little sad. Okay, gue tau bahasa inggris gue masih rada kacau sikit. Ya gimana nggak, orang tua gue nyuruh gue untuk les di LIA tapi gue les nya ogah-ogahan, ya jadilah begini. Oke back to tittle.

SNMPTN adalah jalur undangan dari rapot. Jadi jalur ini bakal ngeliat nilai-nilai lo dari semester 1 - 5 tanpa ada biaya sedikitpun. Dan usahain data-data atau nilai-nilai yang lo masukin ke websitenya itu nggak ada yang salah! Karena kalo salah lo bisa nyesel:")

Kelas 3 SMA masa-masa sulit dan menyenangkan. Banyak duka dan sedihnya duduk di kelas tiga. Apalagi kalau udah kelar UN dan lo mesti milih jurusan minat dan bakat lo. Kata orang pilih jurusan itu sesuai minat dan bakat lo atau sesuai dengan cita-cita lo. Nah, kalo misalnya lo nggak tau minat dan bakat lo gmn? Ya berarti lo belum mengenali diri lo sendiri. Jujur gue udah ngerasain yang namanya bimbang dengan jurusan. Disatu sisi mau nurutin kata orang tua, tapi disatu sisi....ini kuliah lo yang ngejalanin dan bukan mereka. Iya itu pait. Ketika lo ingin nurutin keinginan mereka, tapi keinginan lo nggak tercapai....pait. Tapi ingatlah semua akan indah pada waktunya.

Ketika lo udah yakin sama jurusan pilihan di SNMPTN, lo pasti bakal dibikin bimbang lagi sama jurusan yang lain. Percayalah, gue udah ngalamin sob. Menurut gue, saat lo milih jurusan SNMPTN lo harus bisa ikutin apa kata hati lo bukan orang tua lo, kalo hati lo udah ke jurusan itu yaudah pilih aja. Sebelumnya gue sempet bimbang akan jurusan SNM, tapi Tuhan gue bisikin gue "ikuti hatimu" gue percaya akan itu dan gue pilih jurusan sesuai keinginan gue di SNM walaupun orang tua gue udah banyak omong tentang prospek kerjanya. Gue tipe orang yang keras kepala kadang-kadang, karena gue yakin sama apa yang gue pilih. Walaupun hasilnya nihil dan nggak diterima di SNMPTN, tapi gue udah berusaha sob. Mungkin jalan lo bukan kesitu. Atau lo bisa milih jurusan yang lo suka dan yang orang tua lo mau.

Intinya balik lagi ke lo. Menurut gue, nggak ada orang yang 'salah jurusan' kenapa orang itu bisa salah jurusan, pdhl sebelumnya dia yang milih jurusan itu? Lo udah masuk ke jurusan yg lo pilih dan Tuhan udah mewujudkan lo untuk masuk ke jurusan itu, knp lo masih blg 'lo salah jurusan'? Kalo lo udah masuk ke jurusan itu berarti Tuhan tau lo sanggup ngadepin semua matkul di jurusan itu. Intinya sih gitu. Sorry kalo sok tau hehehe.

Buat kalian yang nantinya bakal kelas 3, gue bilangin ya jangan pilih salah jurusan. Ikutin kata hati lo dan banyak-banyak berdoa biar yang diatas kasih hikmat sama lo. Yang gue dapet dari jalur SNMPTN ini adalah nggak usahlah berkecil hati kalau nggak dapet jalur undangan, ya walaupun masih nggak nyangka ya haha. Ok berarti Tuhan mau ngeliat lo sungguh-sungguh di jalur lain dengan usaha yang lebih keras lagi dan berdoa. Yak jujur gue kurang berdoa ketika SNMPTN ini berlangsung, tapi ya itulah jangan patah semangat sob!