Wednesday, December 30, 2015

Photogram dan Kaluja ala IKJ.

Halo, gue senang kuliah di IKJ. Seriously! Hampir udah 4 bulan gue kuliah disana dan pelajaran yang gue dapat sangat banyak. Apalagi dalam mata kuliah Fotografi Dasar. Duh hay dosennya gokil abis, gue suka cara dia ngajak kita untuk belajar dan travelling walaupun tugasnya rada ribet tapi menyenangkan bagi kalian yang suka fotografi! 

Kali ini gue mau share something i get in my college...
  • Photogram itu sebuah foto yang kalian cetak apapun itu gambarnya dalam kamar gelap tanpa pengerangan selain lampu merah gitu dengan beberapa cairan stopbath, developer dan teman-temannya di dalam sebuah ember menggunakan kertas merit. Biasa yang kita kenal kalau di kamera digital itu kertas foto, ini kertas merit.... (definisi menurut gue)
  • Kaluja (KAmera LUbang JArum) ialah sebuah kamera yang dibuat dengan memanfaatkan sinar matahari untuk mengambil gambarnya. Kertas yang dipakai dalam kaluja ini juga nggak sembarangan, kertas untuk mencetak gambar di dalam kaluja nggak boleh kena terang dikit! Remember. Awalnya itu kertasnya warna hitam, lo masukin ke kaluja dan harus pas di depan titik lubang biar gambarnya diambil juga pas.... Semacam gitulah yaa.
Gunain kaluja juga nggak kaya kamera digital zaman sekarang. Ketika kita mau memotret dari Kaluja menggunakan kertas hitam tersebut (nama kertasnya Merit dan memasukkan ke Kalujanya juga mesti ke kamar gelap dulu sob) kita mencari view yang enak untuk di expos dan ketika mau foto view tersebut harus tunggu beberapa detik sekitar 25 detik - 2 menit. Tapi pengaturan waktu itu ada karena cuaca/matahari karena itu mempengaruhi hasil gambar. Abis udah kita expos gambar itu, kita mesti ke kamar gelap dan meletakkan kertas merit itu di beberapa cairan seperti stopbath, developer, air dkk.. 


Ini dia hasil photogram gue:

Sebenarnya pas dapet tugas photogram ini, kita harus udah punya tema dan tema gue waktu itu ialah "Dedaunan"  So abaikan semua gambar, itu hanya iseng semata.
Dan ini bentuk penampakan dari kaluja gue yang belom di hias....

Itu kaleng beserta tutup yang bertuliskan "L" yaitu nama gue...

No comments:

Post a Comment