Monday, May 22, 2017

Melestarikan Budaya Karo dengan Seni Teater - April 2017



Tahun ini Budaya Adat Batak Karo menunjukkan kembali kegiatan mereka melalui Pertunjukkan Seni Teater. Pertunjukkan ini digelar di Gedung Sa­sono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ), Jumat (7/4). Bukan hanya Seni Teater, tetapi mereka menampilkan makanan tradisional, alat tradisional, pakaian tradisional dan beberapa foto-foto hitam putih dalam adat tradisional karo pada zaman dahulu. Pertunjukkan seni budaya karo ini berlangsung selama 2 hari. 

Dalam Seni Teater tersebut menghadirkan Bupati Tanah Karo yang ikut memeriahkan acara, lalu sebagai apresiasi terhadap kumpulan-kumpulan beberapa orang adat karo yang telah membuat kegiatan tersebut dan untuk melestarikan budaya adat karo itu sendiri.


Awal Pertunjukkan Seni Teater ini dibuka dengan musik dan tarian ibu-ibu khas adat karo. Dalam pertunjukkan musikal ini, mereka berdialog menggunakan Bahasa Karo dan memakai pakaian adat karo serta membawa beberapa alat tradisional karo pada zaman dahulu. Bukan hanya itu saja, property rumah ciri khas adat karo juga dibuat diatas panggung sebagai tempat bermain para pemain dan foto untuk para penonton ketika acara sudah selesai. Agar adat tersebut tampak menjadi ciri khas mereka selagi berperan diatas panggung. Terlihat dari wajah-wajah penonton, mereka sangat terhibur akan tingkah laku para pemain.


Para panitia ingin setiap tahun dapat melaksanakan kegiatan seperti ini, se­bagai wujud kecintaan terhadap budaya Karo yang dapat men­jadi perkenalan suatu hubungan tentang adat istiadat. Melalui pentujukkan seni budaya ini, memberi wawasan yang luas dan mengenal lebih jauh adat istiadat budaya Indonesia kepada para muda-mudi agar dapat melestarikan setiap budaya yang ada.

Ini beberapa foto dan video yang gue ikuti dalam Pertunjukkan Seni Teater Budaya Karo




Terimakasih buat Tulang gue untuk kesempatan ini. Btw gue percampuran Batak Karo dan Simalungun:))

1 comment:

  1. gue kemarin baru aja nampilin pertunjukan teater drama mbk

    ReplyDelete